Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar



Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar - Apakah anda tahu apa itu Surat Dinas? Secara singkat, Surat Dinas adalah surat yang bersifat resmi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan kedinasan. Surat Dinas biasa digunakan oleh pejabat, organisasi, atau suatu instansi tertentu dalam menyampaikan informasi penting atau himbauaan. Mengingat fungsinya yang resmi, tentu saja surat dinas harus ditulis dengan bahasa yang baku, sesuai dengan EYD dan tata bahasa Indonesia. Surat Dinas tidak bisa ditulis dengan sembarangan dan menggunakan bahasa santai. Perlu ketelitian yang serius dalam pembuatannya, karena surat ini biasanya mengandung informasi yang sangat penting. Para pelajar biasanya sering diberikan tugas oleh guru untuk membuat Surat Dinas dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya adalah untuk melatih kecakapan siswa dalam membuat surat yang bersifat resmi. Hal ini akan sangat beramfaat bagi anda yang bercita-cita bekerja di Pemerintah atau ingin berkecimpung di dunia organisasi. Anda harus menguasai dengan baik tata Cara Membuat Surat Dinas. Berikut ini kami akan memberikan Contoh SuratDinas Yang Baik dan Benar.

Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar


Contoh Surat Dinasi Yang Baik dan Benar




DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 BOGOR

Jln. Paledang No. 25, Bogor 16128

Bogor



Nomor            : 325 /OSIS/14

Lampiran         : Satu lembar

Hal                  : Undangan



Yth. Prof. Cecep Misbahudin

Jl. Veteran Raya No. 29

Jembatan Merah, Bogor



Dengan hormat,


Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, khususnya daerah pantai, kami akan mengadakan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam pohon bakau (mangrove). Sehubungan dengan itu, kami mengundang Bapak untuk hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut yang akan dilaksanakan pada :



Hari, Tanggal   : Sabtu, 8 Mei 2014

Waktu             : Pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB

Tempat            : Aula SMP Negeri 7 Bogor



Atas perhatian dan partisipasi Bapak, kami ucapkan terima kasih.



                                                                                                             Bogor, 5 Mei 2014


                                                                                      Ketua OSIS


                                                    Amalia Fauhanisa






Tembusan:

- Kepala SMP Negeri 7 Bogor

- Wakasek Kesiswaan SMP Negeri 7 Bogor



Itulah Contoh Surat Dinas Yang Baik dan Benar. Jika anda sedang mendapat tugas dari sekolah utnuk membuat surat dinas, maka anda bisa menjadikan Contoh di atas sebagai panduan untuk membuat Surat Dinas Yang Baik dan Benar. Perhatikan tata bahasa, pastikan anda menggunakan bahasa baku sesuai kaidah-kaidah yang berlaku. Perlu anda pahami bahwa surat dinas sangat jauh berbeda dengan Surat Pribadi, sehingga penulisannya tidak bisa menggunakan bahasa yang santai. Setelah melihat Contoh Surat Dinas di atas, diharapkan anda mampu membuatnya secara mandiri dan tidak lagi merasa kesulitan. Terima kasih sudah berkunjung dan melihat artikel tentang Contoh Surat Dinas, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment