Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan



Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan - Setelah melakukan suatu kegiatan atau acara yang bersifat akademis, biasanya kita akan diberi tugas untuk membuat suatu Laporan Kegiatan oleh guru/dosen. Laporan kegiatan tersebut mencakup berbagai aktivitas yang kita jalani. Namun tentu saja semua itu harus ditulis secara tersusun dan menggunakan bahasa baku. Laporan kegiatan bukanlah diary pribadi yang bisa ditulis secara asal dan seenaknya. Ada kaidah-kaidah baku yang harus diikuti, supaya penulisan sesuai dengan tata cara yang baik. Jika anda masih kebingungan dalam membuat Laporan Kegiatan yang Baik dan Benar, maka anda wajib menyima ulasan kami tentang Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan di bawah ini. Selamat menyimak! 

Laporan Kegiatan biasanya ditulis setelah anda melakukan suatu kegiatan yang bersifat resmi, seperti study tour, Prakerin, dan lain-lain. Guru/dosen biasanya memberikan tugas tersbut untuk kepentingan mengisi nilai, sehingga anda harus menulisnya secara bersungguh-sungguh agar mendapat nilai yang memuaskan. 


Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan
Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan

Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan Yang Baik dan Benar

Sebuah laporan harus memiliki format yang baik dan benar harus mengandung beberapa sifat seperti berikut ini:
  1. Mengandung imaginasi
  2. Laporan harus sempurna dan lengkap
  3. Laporan harus disajikan secara menarik
  4. Macam-Macam Laporan


Cara Membuat Laporan

Sistematika Laporan terdiri dari beberapa bagian, diantaranya :
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Daftar Lampiran

Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Penelitian/Pengamatan
(Mengapa kita mengamati peristiwa tersebut)

B. Tujuan Pengamatan
(Untuk apa kita mengamati peristiwa tersebut )

C. Kegunaan Pengamatan
(Apa manfaat atau kegunaan kita melakukan pengamatan, baik untuk kita sendiri maupun untuk orang lain)


Bab II. Isi Utama Laporan
(disini dibahas mengenai cara pengolahan (termasuk bahan-bahan untuk pembuatan manisan, alat-alat yang digunakan, berapa biaya yang diperlukan dll), hasil dari pengolahan, pemasaran, siapa yang membelinya dan lain-lain yang menurut anda berhubungan dengan pengolahan manisan rumput laut.


Bab III. Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
Yakni, ringkasan terhadap pengamatan yang telah dilakukan.

B. Saran
(ditujukan untuk pembuat manisan, dan untuk penulis laporan)
Daftar Pustaka (daftar sumber-sumber dari buku,majalah,koran dll)
Lampiran-Lampiran (catatan-catatan yang kita peroleh dari orang yang kita teliti seperti daftar harga bahan-bahan pembuat manisan, dan lain-lain yang dikeluarkan oleh pembuat manisan)


Itulah Contoh dan Cara Membuat Laporan Kegiatan. Apakah anda sudah mendapat gambaran? Contoh di atas diambil dari pilihan terbaik, supaya bisa menuntun anda untuk membuat suatu Laporan Kegiatan yang berkualitas. Namun diharapkan untuk tidak hanya copy paste, tapi harus menulisnya secara mandiri supaya bisa bermanfaat bagi diri anda sendiri. Apa untungnya copy paste? Hal tersebut tentu akan merugikan diri anda sendiri karena tidak akan pernah bisa membuat laporan kegiatan yang benar. Terima kasih sudah menyimak, semoga proses menulis Laporang Kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Salam!

No comments:

Post a Comment